Statement Cases for Essays

Authorship a college scholarship essay might be a daunting work, but by pursuing some easy directions it might be an excellent experience. T...

On Paper Faculty Forms, software Program...

Program itself may give you the opportunity to offer in-depth academic and occupation background. Many pupils that have occupations don't me...

The Insider Secrets for Hello World

The Insider Secrets for Hello World You will carry on to let it operate since you stop by this next report. Nothing might have assisted th...

How-to Meeting To Get A Part-Time Job

Do not be individual assaults, when you're creating on any issue which is joined to a specific section never offer remarks that may wind up ...

Publish on Agustus 28th, 2018 under Category Bisnis|Komentar Dinonaktifkan pada Wahyono Mengaku Dia Mendapat Ikan di Teluk Jakarta

Wahyono Mengaku Dia Mendapat Ikan di Teluk Jakarta

Jakarta, jurnalisbelanegara.com- Ikan Tembang atau Bloh masih bisa di dapat di perairan laut Marunda dan sekitarnya hingga saat ini. Kapten kapal nelayan ikan yang berawakan 20 ABK Wahyono mengaku tergolong lumayan kalau mendapat ikan berjumlah banyak.

“Ikan tembang atau bloh ini di jaring dari Laut Marunda hingga Tanjung Priok,”kata Wahyono kepada wartawan di Pelabuhan Muara Angke, Selasa (27/8/2018).

Lanjutnya, kalau di Laut Marunda tidak dapat ikan, maka mencari ikannya bisa ke Pulau Bidadari, Pulau Putri atau Pulau Lancar tetapi masih seputaran Teluk Jakarta.

Wahyono mengaku, dirinya menjadi nelayan dari sejak kelas 4 SD. Karena ikut ikutan temannya di kampungnya di Brebes, Jawa Tengah.

Saat berusia 24 tahun dia menjadi nahkoda hingga10 tahun terakhir ini. Wahyono bisa mengetahui adanya gerombolan ikan karena dia selalu mendapat Informasi dari teman sesama nelayan yaitu adanya gerombolan ikan yang timbul di laut pada siang hari.

Untuk penjualan ikan di pasaran Wahyono mengatakan, itu sudah di pasrahkan kepada para pengurusnya atau bos ikan sang pemilik kapal Ursin Mini. Kapal berangkat dari Muara Angke untuk menjaring ikan dari sejak pagi berangkat dan pulang hingga sore hari.

Usaha ini kata Wahyono terbilang lumayan di zaman yang serba sulit mencari uang. Dengan ABK 20 orang penghasilan ABK bersistem bagi hasil.

“Jadi kalau dapat ikannya banyak maka di baginya juga banyak, tetapi kalau sedikit hasil ikan yang di dapatnya ya di bagi sedikit,” kata bapak dua anak itu menjelaskan.

Kata Wahyono, untuk persentase pendapatan tersebut adalah sistem belah semangka yaitu antara ABK dengan pengurus kapal atau bos ikan dengan hitungan 50 % : 50 % setelah di potong perbekalan. Dan dari 20 ABK yang mendapat bagian 50% itu lalu di bagi bagi.

“Itu pendapatan ABK yaitu bagi bagi hasil dan kalau dapat ikan banyak seperti sekarang ini yang di perkirakan dapat 3 ton maka masing masing orang bisa mendapat  uang 150 ribu perorang,” kata Wahyono menerangkan. (rc)

BISNIS

Mari Belanja Sambil Beramal
Agustus 31st, 2018
Miniso Hadir Di JFW 2017
Oktober 24th, 2017

Copyright © Jurnalis Bela Negara. All Rights Reserved. Template by Press3g.com

Merdeka dan Merakyat